Minggu, 28 April 2013

7Banksawan



pkspasarmanggis - Satu lagi program kreatif dari Kader PKS di DPRa Pulo Gebang yang mempunyai ide : "7Banksawan" (Bank Sampah Rawa Kuning RW07).

Ide ini tercetus dari hasil bincang-bincang diantara kader dan simpatisan DPRa PKS Pulo Gebang pada saat Rihlah. Bincang-bincang itu ditindak lanjuti oleh Sigit dan Erwin yang merupakan motor dari program ini. Akhirnya program ini pun diresmikan pada tanggal 11 Nopember 2012 oleh Ketua DPW PKS Jakarta Selamat Nurdin.

pada awal program ini dijalankan, nasabah bank sampah baru 20 nasabah yang merupakan warga RW 07 dan sekitarnya. Dan saat ini, tercatat 113 nasabah.

Program ini terus disosialisasikan oleh Sigit dan Erwin dengan menggunakan motor layanan PKS yang disulap menjadi motor 7Bangsawan, mereka menyebarkan brosur dan pamflet.

Menurut Sigit, meknisme pertama yang dijalani adalah para warga menyetorkan sampah yang telah dipilah-pilah dan telah dibersihkan, ditimbang dan hasilnya di tulis di buku tabungan nasabah. Uang yang mereka kumpulkan melalui bank sampah ini di berikan setiap 3 bulan sekali. "Namun, kedepannya akan kita berikan dalam bentuk tabungan pendidikan dan tabungan Hari Raya", tutur sigit.



Dari hasil sampah yang dikumpulkan,terutama sampah-sampah plastik seperti bekas bungkus kopi, sabun cuci piring, plastik minyak goreng dan VCD tak terpakai dibuat produk-produk kreatif, seperti : gantungan kunci dari plastik sabun cuci piring, tas dan dompet dari bekas bungkus kopi, jam duduk dari VCD tak terpakai. Semua itu di buat oleh ibu-ibu yang setiap hari Kamis berkumpul di bengkel "7Banksawan" dan para relawan.

Produk-produk ini dijual masih dikalangan terdekat. Namun, tanggal 3 sampai 26 Mei nanti, "7Banksawan" akan mengikuti pameran produk kreatif di Blok M Plaza.

"Saya berharap kedepan produk-produk kami bisa lebih variatif lagi, dan makin maju. Dan saya juga mengharapkan rekan-rekan di wilayah lain dapat melakukan hal serupa, karena dengan program ini kita secara tidak langsung turut membantu melestarikan lingkungan dan juga membantu perekonomian masyarakat disekitar kita,"ucap Sigit.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More