Kamis, 02 Mei 2013

Hardiknas: Momentum Peningkatan Pendidikan Berkualitas



pkspasarmanggis - Tak terasa hari ini Rabu 2 Mei 2012, bangsa kita bertemu kembali dengan Hari Pendidikan Nasional dan bertepatan dengan hari lahirnya Ki Hajar Dewantara (2 Mei 1889–28 April 1959) seorang Pahlawan Nasional yang juga merupakan Bapak Pendidikan Nasional Indonesia. Sesosok anak bangsa yang menjadi mascot pendidikan Indonesia, yang terkenal dengan istilah yang dibuatnya, yaitu ” tut wuri handayani “dari belakang seorang guru harus bisa memberikan dorongan dan arahan, ” ing madya mangun karsa” di tengah atau di antara murid, guru harus menciptakan prakarsa dan ide, dan “ing ngarsa sung tulada” di depan, seorang pendidik harus memberi teladan atau contoh tindakan baik. Kalimat yang luar bisas memiliki semangat morality dan kemajuan.

Surahman Hidayat, anggota Komisi X DPR RI dari Fraksi PKS, mengatakan peringatan Hari Pendidikan Nasional pada tahun 2013 ini, hendaknya menjadi momentum kebangkitan Pendidikan di Indonesia, yang maju dan unggul dalam persaingan global.

Lebih lanjut beliau mengatakan bahwa Pendidikan adalah tugas negara yang paling penting dan sangat strategis. Peningkatan kualitas Sumberdaya manusia merupakan syarat dasar bagi terbentuknya sebuah peradaban yang baik.Oleh karenanya perlu melihat realitas pendidikan di negeri ini masih jauh dari harapan . Kualitas pendidikan di Indonesia masih tertinggal dari negara – negara lain.

Surahman Hidayat, menandaskan usaha meningkatkan kualitas pendidikan yang terus menerus, menjadi hal yang penting di lakukan, mulai dari peningkatan kualitas para pendidik, baik dari segi penguasaan metodologi pengajaran, mata pelajaran,karenanya saya sangat mendukung bentuk pelatihan-pelatihan dalam rangka meningkatkan kualitas bagi para guru, kemudian lanjutnya bagaimana meningkatkan kualitas kurikulum pendidikan yang integral yang meliputi aspek apektif, kognitif, psikomotorik dan yang tidak kalah pentingnya bagaimana sarana prasarana sekolah terus di tingkatkan agar dapat mengikuti kemajuan teknologi yang terus berkembang.

Kedepan peningkatan pendidikan berkarakter menjadi paradigma yang penting bagi setiap pemangku kepentingan pendidikan nasional, karena kedepan yang di butuhkan oleh bangsa Indonesia, bukan hanya menghasilkan pelajar yang memiliki kualitas akademik dan skill saja, tetapi kualitas moral menjadi sesuatu hal yang tidak kalah pentingnya, karenanya pendidikan agama dalam setiap jenjang pendidikan harus ditingkatkan baik dari sisi kualitas dan kuantitasnya, tutup surahman.

Selamat Hari Pendidikan Nasional 2013.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More