Kamis, 30 Desember 2010

Pentingnya Musyawarah Ranting

وَالَّـذِيْنَ اسْـتَجَـا بُواْ لِـرَ بِّـهِـمْ وَ أ قَـا مُواْ الصَّـلَـوَةَ وَ أمْـرُ هُـمْ شـُـورَى بَيْنـَـهُـمْ وَ مِـمَّـا رَزَقـْـنـَـهُـمْ يُـنـْفِـقـُونَ

“Dan (bagi) orang-orang yang menerima (mematuhi) seruan Robb-Nya dan mendirikan sholat, sedang urusan mereka (diputuskan) dengan musyawarah antara mereka, dan mereka menafkahkan sebagian rezeki yang Kami berikan kepada mereka.” (QS. 42 : 38)

Dalam kehidupan bersama, baik dalam lingkup keluarga, masyarakat maupun bangsa, musyawarah merupakan sesuatu yang harus dilakukan. Hal ini karena dalam kehidupan berjamaah, ada banyak kepentingan, kebutuhan maupun persoalan yang harus dihadapi dan diatasi secara bersama-sama agar bisa terjalin kerjasama yang baik. Dalam proses musyawarah itulah, harus berlangsung apa yang disebut dengan dialog.

Secara harfiah, syuro adalah bermakna menjelaskan, menyatakan, mengajukan, dan mengambil sesuatu. Syuro adalah menyimpulkan pendapat berdasarkan pandangan antar kelompok. Kata syuro sudah menjadi bahasa Indonesia yang kemudian dikenal dengan istilah musyawarah. Dalam bahasa Indonesia, musyawarah adalah pembahasan bersama dengan maksud mencapai keputusan atau penyelesaian secara bersama.

Manakala syuro telah dilaksanakan, ada banyak hikmah yang akan diperoleh bagi kaum muslimin dalam kehidupan berjamaah. Sekurang-kurangnya, ada lima hikmak yang akan kita peroleh:

Pertama, keputusan yang akan diambil akan lebih sempurna dibanding tanpa musyawarah. Kedua, masing-masing orang akan terikat terhadap keputusan musyawarah tersebut dan dapat mempertanggungjawabkan secara bersama. Ketiga, memperkokoh hubungan persaudaraan dengan sesama muslim pada umumnya dan anggota jamaah pada khususnya yang harus saling kuat menguatkan, dengan demikian dapat dihindari terjadinya perpecahan yang diakibatkan tidak dipertemukannya perbedaan pendapat. Keempat, dapat dihindari terjadinya dominasi mayoritas dan tirani minoritas, karena dalam musyawarah, hakikat pengambilan keputusan terletak pada kebenaran, bukan semata-matapertimbangan banyaknya jumlah yang berpendapat atau berpihak pada suatu persoalan. Kelima, dapat dihindari adanya hasutan, fitnah, dan adu domba yang dapat memecah belah barisan perjuangan kaum muslimin, karena musyawarah dapat memperjelas semua yang dihadapi.

Musyawarah Ranting merupakan upaya merealisasikan seruan Allah SWT dan secara konstitusional sesuai dengan amanat Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tanggga Partai Keadilan Sejahtera. Dengan izin Allah Azza Wa Jalla, produk-produk Musyawarah Ranting yang dihasilakan akan berkualitas.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More